Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Bojonegoro © 2014
Banyak Pengunjung di Stand Disdukcapil

Dari puluhan stand yang mengikuti pameran dan inovasi pelayanan publik putaran ke dua di Lapangan Desa Padangan, Kecamatan Padangan, Senin (18/7), stand Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bojonegoro yang paling banyak di kunjungi masyarakat.

Warga berbondong-bondong sejak pagi untuk mengurus administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan akte kelahiran.

“Mumpung ada pelayanan gratis di sini. Jadi nggak usah jauh-jauh ke Bojonegoro,” kata Ratemi, warga Desa Perangi, Kecamatan Padangan yang mengaku mengurus akte kelahiran.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bojonegoro, Andriyanto mengatakan, sejak dibuka hingga siang hari tadi jumlah pemohon administrasi kependudukan mencapai ratusan. Rinciannya, pemohon akte sebanyak 50 orang, KTP 75 orang, dan KK 60 orang.

“Jumlah ini dipastikan terus bertambah. Karena masih ada waktu hari ini dan besok,” katanya.

Berdasarkan pengalaman pameran dan inovasi pelayanan publik di Lapangan Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru pada 30 Mei 2016 lalu, jumlah pemohon mencapai 600 orang lebih dalam sehari. Rinciannya, pengurusan KK sebanyak 275 orang, KTP 300 orang, dan akte kelahiran sebanyak 100.

“Kita tidak mentarget. Semua yang datang dan berapapun jumlahnya kita layani,” tegas Andriyanto.

Dalam pengurusan administrasi kependudukan ini pemohon tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. “Jika persyaratannya lengkap, langsung kita proses dan hari ini juga jadi,” tandasnya.

Untuk mengurus KTP, persyaratan yang harus dipenuhi pemohon adalah foto copy KK, permohonan desa, dan bagi KTP yang rusak cukup melampirkan KTP lama. Sedangkan untuk mengurus KK persyaratannya adalah permohonan desa, dan kecamatan. Sementara untuk persyaratan akte kelahiran menyertakan foto copy KK, KTP ayah dan ibu, serta surat nikah.

Selain Disdukcapil, stan yang banyak dikunjungi warga adalah Dinas Kesehatan dan RSUD Padangan. Banyak warga yang dating ke stand ini untuk mendapatkan pelayanan gratis pemeriksaan gula darah, tensi, kolestrol, dan jantung.

Source : Media Center Bojonegoro